CARA MENGATASI JERAWAT DI WAJAH DARI DALAM DAN LUAR TUBUH SECARA ALAMI

Image
SING SEHAT - Kembali hadir untuk anda berbagi informasi kesehatan tentang cara mengatasi jerawat di wajah. Jerawat Di Wajah Pada dasarnya jerawat di wajah dapat muncul disebabkan oleh sebuah kondisi yang tidak normal pada kulit wajah. Dimana terjadi produksi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit wajah yang mengakibatkan tersumbatnya saluran folekul rambut dan pori - pori kulit wajah. Dan hal ini dapat dialami oleh semua orang baik wanita maupun pria, baik yang masih remaja ataupun mereka yang sudah dewasa. FAKTOR PEMICU MUNCULNYA JERAWAT  Sebelum kita membahas cara mengatasi jerawat yang muncul di wajah dengan cara alami, alangkah baiknya apabila kita terlebih dahulu mengetahui beberapa faktor yang mendorong munculnya jerawat pada kulit wajah seseorang. Faktor atau penyebab - penyebab tersebut antara lain adalah : 1. Kondisi stress yang dialami oleh sesorang 2. Karena adanya keturunan ( faktor genetik ) 3. Aktifitas hormonal yang tidak seimbang, khususnya pada w

Langkah Sederhana Atasi Telinga Tersumbat

SING SEHAT Mengatasi telinga tersumbat, sebagai sebuah indera pendengaran, telinga merupakan salah satu indera darai beberapa indera yang dimiliki oleh manusia. Dimana telingapun memilki fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan fungsi yang dimiliki oleh indera yang lain. Secara pokok, telinga berfungsi untuk menangkap sebuah gelombang suara yang berasal dari obyek-obyek lain, yang kemudian getaran dari gelombang suara tersebut dapat didengar oleh seorang manusia melalui bagian-bagian organ yang ada di dalam rongga telinga. Di dalam organ telinga sendiri sesungguhnya terdiri dari beberapa bagian yang keberadaannya memiliki fungsi dan tugas yang berbeda-beda, antara lain :

   1. AURICULA, bagian ini sering kita sebut sebagai daun telinga yang berfungsi untuk menghantarkan gelombang suara menuju ke meatus akustic eksterma
   2. MEATUS AKUSTIC EKSTERMA, bagian dari organ telinga yang memilki peran untuk menghantarkan gelombang suara yang diterima dari auricula menuju bagian  dari organ telinga yang selanjutnya yaitu gendang telinga. Pada meatus acustic eksterma ini akan terdapat rambut yang berupa bulu-bulu halus yang akan memilki peran dalam melindungi saluran telinga.
   3. OSIKEL, adalah sebuah bagian yang berfungsi untuk memperbesar getaran suara yang dihasilkan oleh gendang telinga.
  4. KANAL SEMISIRKULAR, berfungsi dalam mengetahui posisi kepala berubah dikarenakan adanya gerakan endolimfe yang menyentuh ujung kanal pada telinga.
  5. KOKLEA, merupakan sebuah tempat berkumpulnya sel-sel yang dipergunakan untuk mendengarkan sebuah suara.
  6. UTRIKEL & SAKULUS, ini adalah bagian dari organ telinga yang berperan dalam menjaga kesimbangan tubuh pada manusia.


Telinga Tersumbat

Seperti yang terjadi pada organ-organ tubuh lainnya, maka organ telingapun tak akan luput dari sebuah gangguan kesehatan. Salah satunya adalah gangguan kesehatan telinga tersumbat. Gangguan kesehatan tersebut mungkin bisa jadi merupakan sebuah gangguan kesehatan pada telinga yang paling banyak dirasakan dan dialami oleh banyak orang. Apabila seseorang mengalami hal tersebut biasanya akan timbul gejala pembengkakan yang terjadi pada sekitar organ telinga itu sendiri yang akan memunculkan rasa sakit yang luar biasa. Sesungguhnya gejala kesehatan tersebut bisa menjadi sebuah gangguan kesehatan yang serius apabila dibiarkan terjadi pada seseorang. Menyebabkan adanya sebuah infeksi yang akan terjadi pada saluran rongga telinga.

Telinga tersumbat yang biasanya terjadi diakibatkan oleh adanya penumpukan cairan lilin telinga yang terjadi di dalam saluran telinga, tepatnya pada EUSTACHIUS, yaitu bagian yang yang menghubungkan antara organ telinga dengan organ hidung manusia. Yang harus menjadi perhatian adalah kondisi ini tidak boaleh dibiarkan begitu saja agar rongga telinga kita dapat terhinarkan dari sebuah infeksi. Untuk segera mengatasinya kita dapat menempuh beberapa cara sederhana yang sangat mudah untuk kita lakukan, adapun langkah-langkahnya adalah :

1. MENGOMPRES
Dengan menggunakan handuk kecil, kemudian celup ke dalam air hangat dan kemudian kita tempelkan pada bagian luar disekitar daun telinga. Langkah ini akan membantu mengurangi rasa sakit yan diakibatkan karena adanya pembengkakan yang terjadi disekitar daun telinga, serta akan mampu memperlancar saluran EUSTACHIUS yang tersumbat karena adanya infeksi yang terjadi.

2. MENETESI AIR HANGAT
Dengan menggunakan sebuah pipet tetes yang kita isi dengan air hangat (±4 ml) kita tetesi telinga yang tersumbat, setelah itu miringkan kepala ke arah yang sebaliknya, agar air yang kita teteskan tadi dapat kembali keluar dan kotoran yang membuat telinga tersumbatpu akan ikut keluar juga.

3. MENETESI MINYAK ZAITUN
Masukkan beberapa mili minyak zaitun yang sebelumnya kita hangatkan ke dalam sebuah pipet tetes, kemudian teteskan kedalam telinga kita yang tesrsumbat. Biarkan beberapa saat, agar kotoran-kotoran yang menyebabkan tersumbatnya telinga akan menjadi hancur. Dan setelah itu bersihkan telinga dengan menggunkan kapas atau cotton bud.

4. INHALASI (PENGUAPAN)
Langkah ini digunakan untuk mengencerkan lendir yang terdapat pada EUSTACHIUS yang disebabkan oleh adanya flu berat yang terjadi. Inhalasi sendiri dapat kita lakukan dengan cara siapkan dua liter air yang kita tuang ke dalam sebuah baskom, yang selanjutnya kita teteskan 3 atau 4 tetes minyak kayu putih di dalamnya. Hadapkan wajah kita untuk menangkap uap hangat yang di keluarkan oleh air hangat tersebut. Untuk lebih memaksimalkan dalam mendapatkan uap air hangat tersebut, gunakan sebuah handuk yang berukuran sedang yang akan kita jadikan alat untuk mencegah uap air tersebut menyebar ke arah lainnya. Hirup uap tersebut, untuk mengatasi hidung tersumbat dan telinga tersumbat.

Telinga Tersumbat

Sebagai organ fital, adalah sebuah tindakan yang bijaksana apabila kita selalu menjaga kesehatan telinga kita, agar telinga yang kita miliki tetap sehat dan dapat berfungsi dengan semestinya. Dalam melakukan perawatan organ telinga kita harus memperhatikan beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain adalah : hindarkan telinga dari suara dengan tingkat kebisingan yang terlalu parah, jaga volume suara pada saat kita mendengarkan sebuah musik melalui sebuah headset, jangan berlama-lama berdiam di tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi, gunakan penyumbat telinga apabila beraktifitas di tempat yang bising, hindarkan kebiasaan yang buruk seperti membersihkan telinga dengan peniti ataupun benda-benda keras lainnya.

Demikianlah ulasan yang dapat SING SEHAT sampaikan mengenai Langkah- langkah sederhana untuk mengatasi telinga tersumbat, semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.




Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Kanker | Kosmetik Illegal Memicu Pertumbuhan Sel Kanker

Waspadalah!Radang Telinga Tengah Dapat Mengakibatkan Tuli Pada Anak